Materi Adaptasi Hewan

IPA Kelas 5 Semester 1

Adaptasi Hewan

disusun oleh

Ayu Anggraini

108620600056

PGSD A PAGI

Tanggal : 02 – 01 – 2013

Pengertian Adaptasi

Salah satu ciri makhluk hidup adalah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut adaptasi. Adaptasi ini  bertujuan untuk mempertahankan hidupnya. Tiap jenis makhluk hidup memiliki cara-cara adaptasi yang berbeda terhadap lingkungannya.

Setiap hewan mempunyai kemampuan berbeda-beda dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.Penyesuaian diri ini berguna untuk memperoleh makanan.Selain itu juga untuk mempertahankan diri dari musuhnya.Setiap jenis hewan selalu berusaha melindungi diri dari serangan musuhnya.Hampir semua jenis hewan memiliki bagian tubuh untuk melindungi diri. Selain itu, ada sebagian hewan melindungi diri dengan juga cara menyesuaikan  bentuk  tubuhnya terhadap lingkungan  atau menyesuaikan dengan fungsinya dan ada juga dengan cara tingkah laku. Penyesuaian ini bertujuan untuk memperoleh makanan maupun untuk melindungi diri dari musuhnya.. Sekarang, simak cara hewan melindungi diri dari serangan musuhnya.

Cara Penyesuaian Diri Hewan Dengan Lingkungannya

Banyak makhluk hidup yang menyesuaikan diri  terhadap lingkungan  dengan cara menyesuaikan  bentuk  tubuhnya terhadap lingkungan  atau menyesuaikan dengan fungsinya. Penyesuaian  bentuk tubuh ini bertujuan untuk memperoleh makanan maupun untuk melindungi diri dari musuhnya. Berikut ini contoh beberapa hewan yang menyesuaikan bentuk tubuhnya terhadap lingkungannya.

a. Penyesuaian Diri pada Burung

b. Penyesuaian Diri pada Unta

c. Penyesuaian Diri pada Kupu-kupu dan Lebah

d. Penyesuaian Diri pada Nyamuk

Hewan Menyesuaikan Diri dengan tingkah laku untuk Melindungi Diri

Setiap hewan mempunyai cara yang berbeda-beda untuk menyelamatkan diri dari musuhnya. Pada umumnya, hewan memiliki bagian tubuh yang berguna untuk melindungi diri dari serangan musuhnya. Bagaimana bentuk penyesuaian diri hewan untuk melindungi diri dari serangan musuhnya? Berikut adalah contoh hewan yang menggunakan bagian tubuhnya untuk melindungi diri dari serangan musuhnya.

Cecak dan Kadal

Bunglon

Cumi-Cumi, Sotong, dan Gurita

Landak

Ular

Setelah Kalian Memahami Materi “Adaptasi pada Hewan” Kerjakanlah Latihan Soal denga KLIK DI SINI

Leave a comment