rpp ips sd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   SD Muhamadiya Sidoarjo

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester            :   IV/I

Alokasi Waktu             :   2 x 35 menit

 

I.    Standar Kompetensi

1.   Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan  kabupaten/kota dan provinsi

II.  Kompetensi Dasar

1.4  Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)

III.  Tujuan Pembelajaran.

¨     Siswa dapat Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV.  Materi Pokok

Keanekaragaman suku bangsa dan budaya

 

V.  Kegiatan Pembelajaran

  • Kegiatan awal

ü  Guru mengucap salam.

ü  Guru mengajak siswa berdo’a sebelum pelajaran dimulai.

ü  Guru melakukan absensi.

ü  Tanya jawab tentang keragaman adat istiadat dan budaya yang ada di Iingkungan siswa.

  • Kegiatan inti

Eksplorasi

ü  Guru bersama siswa menyebutkan macam-macam suku bangsa dan budaya setempat.

ü  Guru bersama siswa membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat.

ü  Guru menjealskan penyebab keragaman suku bangsa dan budaya.

ü  Guru memberi penjelasan pentingnya menjaga persatuan dalam keragaman.

Elaborasi

ü  Guru membagi kelas dalam kelompok besar.

ü  Guru membagikan beberapa gambar rahasia untuk setiap kelompok.

ü  Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskripsikan gambar yang telah mereka terima.

ü  Perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk membacakan hasil diskrpsi yang mereka buat, kemudian kelompok lain menebak.

ü  Kelompok yang dapat menebak paling banyak mendapat hadiah dari guru.

Konfirmasi

ü  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

ü  Guru bersama siswa bertanya jawab guna meluruskan kesalahpahaman pada siswa.

 

  • Kegiatan penutup.

ü  Memberi kesimpulan pada materi sekaligus menyarankan pada siswa untuk menghargai keragaman suku bangsa.

ü  Guru memberi tugas rumah untuk mengerjakan LKS.

 

  1. VI.   Alat dan Bahan

¨     Alat peraga           : Gambar tentang keragaman budaya (gamabar rahasia)

¨     Sumber                 : Buku IPS kelas IV dan buku IPS lain yang relevan.

  1. VII.         Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

§  Menyebutkan macam-macam suku bangsa dan budaya di lingkungan setempat.

§  Menjelaskan bentuk keragaman bangsa Indonesia

§  Menjelaskan pentingnya menjaga persatuan dalam keragaman.

§  Bersikap menghargai keragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat.

Tertulis

 

 

Tertulis

Tertulis

Tertulis

Jawab Singkat

Uraian

Uraian

Uraian

Jawa Timur terkenal dengan tarian…

 

 

Apa yang menyebabkan terjadinya keragaman di Indonesia?

Mengapa Bhienneka tunggal ika dipilih sebagai simol negara Indonesia?

Tulislah sebuah cerita tentang kerukunanmasyarakat di daerahmu meskipun berasal dari berbagai suku bangsa dan budaya !

 

 

Format Kriteria Penilaian

v Produk

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

v Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

 

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5,

6.

7.

8.

9.

10.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial

 

…………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel IPS

 

…………………………….                                                      …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s